School Profile

Contextual Learning

Homeschooling Kak Seto

Kontektual berasal dari kata kerja Latin, contexere, yang berarti “menjalin bersama”. Kata “konteks” merujuk pada “keseluruhan situasi, latar belakang, atau lingkungan” yang berhubungan dengan diri yang terjalin bersamanya.

Kita masing-masing berada di dalam konteks yang beragam-misalnya konteks lingkungan tempat tinggal, keluarga, teman-teman, sekolah, pekerjaan, kebijakan politik, dan ekosistem bumi. Demikian juga, semua entitas yang lain, hidup maupun tak hidup, berada di dalam konteks. Untuk menyadari seluruh potensinya, semua organisme hidup, termasuk manusia, harus berada di dalam hubungan yang tepat dengan konteks mereka.

Homeschooling sangat memungkinkan untuk menampung sekaligus mendukung kegiatan belajar yang kontekstual.

Seto Mulyadi

Homeschooling sangat memungkinkan untuk menampung sekaligus mendukung kegiatan belajar yang kontekstual ini. “Ketika seorang anak dapat mengaitkan isi dari mata pelajaran yang sedang dipelajarinya-seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, atau sejarah – dengan pengalaman mereka sendiri, mereka menemukan makna, dan makna memberi alasan kepada mereka untuk belajar,” tulis Elaine B. Johnson, Ph.D., dalam Contextual Teaching and Learning.

Newsletter

Make sure you dont miss interesting happenings by joining our newsletter program.

Contact us

Jl. Taman Makam Bahagia ABRI No. 3A Parigi Lama, Pondok Aren, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Banten 15227.

  • Hot line: 021 745 1183, 0828 1703 1183

Connect with us

We're on Social Networks. Follow us & get in touch.
You are here: Home Contextual Learning