More Flexible

More Flexible

Homeschooling Kak Seto

Sebagai bentuk dari sistem pendidikan informal, kunci utama penyelenggaraan homeschooling adalah adanya kelenturan flesibilitas. Jadi tidak boleh kaku dan terlalu berstruktur sebagaimana sekolah formal.

Kalau terlalu disusun dalam kurikulum yang baku maka homeschooling justru akan kehilangan makna utamanya. Itulah sebabnya maka bagi seorang peserta homeschooling yang semula berasal dari siswa sekolah formal diperlukan adanya penyesuaian diri yang bertahap. Apabila mula-mula anak bosan dan merasa seperti tidak ada yang bisa dilakukan, maka anak bisa diajak untuk pergi keluar mengunjungi berbagai tempat yang menarik seperti pameran lukisan, pertunjukan musik, pagelaran wayang orang atau teater, perpustakaan, taman hiburan dan sebagainya.

Homeschooling memberikan keleluasaan belajar. Belajar bisa dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja.

Seto Mulyadi

Kemudian dari berbagai perjalanan yang mengasyikan tersebut, anak diminta untuk membuat catatan perjalanan atau karangan menarik berdasarkan pengalaman tersebut. Hal ini masih ditambah dengan ketidakketatan waktu untuk belajar. Meski kedisiplinan dan tanggung jawab tetap ditekankan dalam homeschooling dengan memu\buat jadwal-jadwal belajar, namun kekakuan bisa diminimalkan.

Newsletter

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan update informasi dan pengetahuan seputar pendidikan terbaik anak Anda.

Contact us

Jl. Taman Makam Bahagia ABRI No. 3A Parigi Lama, Pondok Aren, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Banten 15227.

  • Hot line: 021 745 1183, 0822 2220 4453

Connect with us

We're on Social Networks. Follow us & get in touch.
You are here: Home More Flexible