News & Event

Pelatihan Organisasi HSKS 2016

Sample image

Leadership skill sudah menjadi skill wajib bagi calon-calon penerus bangsa. Menyadari pentingnya hal tersebut sebagai modal dasar bagi para generasi muda, “HOMESCHOOLING KAK SETO” (HSKS) mengadakan acara pelatihan organisasi atau yang umumnya dikenal dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa-siswi SMP-SMA Komunitas selama dua hari berturut-turut, 14-15 Maret 2016.

Kegiatan LDKS ini cukup berbeda dengan LDKS pada umumnya, para peserta LDKS (siswa-siswi red.) dikumpulkan menjadi 3 kelompok sesuai dengan project class yang mereka pilih, yaitu Entrepreneur, Media dan Charity. Dalam masing-masing kelompok, mereka mendapatkan materi pelatihan sesuai dengan project class masing-masing. Pada Project Class Entrepreneur, mereka diberikan materi leadership dan bagaimana menjadi pengusaha sukses yang disampaikan oleh alumni HSKS Cabang Pekanbaru yaitu Syech Steven, yang sudah menjadi entrepreneur sukses, motivator dan asisten dosen di universitas ternama di usianya yang baru menginjak 20 tahun. Para peserta pun sangat termotivasi dengan materi yang diberikan kakak kelas mereka, mengingat mereka memiliki latar belakang masalah dan kondisi sosial ekomoni yang tidak jauh berbeda. Mereka sangat antusias untuk melakukan perubahan, melakukan hal-hal baik yang bermanfaat dan menginspirasi orang lain.

Berbeda dengan Project Class Entrepreneur, Project Class Charity langsung menggagas ide yang sangat brilliant yang dipandu oleh pembina-pembina Project Class Charity terutama Kak Puri, yaitu ide untuk membuat HSKS Trash Bank. Ide ini sangat menarik bagi mereka karena selain mereka bisa beraksi nyata atas kepedulian mereka terhadap lingkungan, mereka juga bisa memberdayakan sampah-sampah yang nanti terkumpul untuk menajdi modal awal bagi tim entrepreneur untuk mengembangkan ide usaha mereka. Laba atau keuntungan yang mereka peroleh, nantinya akan diberikan kepada anak-anak yang kurang mampu melalui CSR “HOMESCHOOLING KAK SETO” yaitu komunitas MKB (Mobil Kelas Berjalan).

Pada Project Class Media, peserta diberikan beberapa stimulus dan ice-breaking terkait bagaimana menggali dan mengoptimalkan potensi yang mereka miliki dalam dunia media, baik media cetak, televisi, radio, maupun yang berbasis web. Selain itu, mereka juga langsung membuat perencanaan project utama yaitu membuat Majalah HSKS edisi ke-2. Majalah tersebut, selain akan memuat informasi seputar HSKS dan info-info umum yang up-to-date, juga akan memuat hasil liputan-liputan kegiatan di HSKS baik kegiatan ruitn HSKS dari tingkat SD hingga SMA, maupun kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Tim Charity dan Entrepreneur.

Selain mendapatkan materi yang cukup spesifik dan mengarah ke minat dan bakat mereka, mereka juga diberikan beberapa entertaing and educating activities seperti lomba tarik tambang, kegiatan api unggun, kegiatan post-to-post dan berbagai kegiatan lain yang mengasah kemampuan perpikir kreatif & kritis, bekerjasama tim, dan berempati satu sama lain.

Pada sesi terakhir, peserta mengadakan pemilihan ketua bagi masing-masing project class. Masing-masing pembina project class memiliki metode tersendiri dalam melakukan pemilihan calon pemimpin, ada yang dengan cara voting, ada pula yang dengan cara problem solving-case study bagi para kadidat pemimpin yang diharapkan dengan cara seperti itu, potensi kepemimpinan peserta bisa lebih terlihat. Terakhir, setelah pemilihan selesai, dilakukan proses serah terima jabatan dari pengurus lama ke pengurus baru dan pemberian sambutan-sambutan dari para pemimpin terpilih. Pada sambutan mereka, pada umumnya mereka menyampaikan bahwa segala rencana yang sudah mereka susun pada LDKS kali ini tidak akan terwujud tanpa kerjasama yang solid dan kerja keras dari semua anggota tim.

Acara LDKS pun ditutup oleh salah satu manajer yaitu Kak Budi selaku Manajer Umum, beliau menyampaikan rasa syukur dan terimakasih yang mendalam bagi panitia dan peserta yang sudah bekerjasama dengan efektif sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar, dan semoga apa yang sudah didapat dari LDKS ini membawa perubahan positif bagi peserta LDKS dan bagi HSKS pada umumnya.

Newsletter

Make sure you dont miss interesting happenings by joining our newsletter program.

Contact us

Jl. Taman Makam Bahagia ABRI No. 3A Parigi Lama, Pondok Aren, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Banten 15227.

  • Hot line: 021 745 1183, 0828 1703 1183

Connect with us

We're on Social Networks. Follow us & get in touch.
You are here: Home News and Events Pelatihan Organisasi HSKS 2016