Recent Stories

Menarikkah Pelajaran Matematika?

01 October 2014 by In Blog 1 comment
Rate this item
(8 votes)

Pelajaran matematika memberikan paradigma di kalangan pelajar sebagai pelajaran yang amat sulit dan membosankan ditambah lagi guru matematika yang dikenal dengan karakter galak, seram, dan lain-lain. Jadi, tak heran jika banyak pelajar yang tidak menyukai pelajaran tersebut. Hal inilah yang membuat pertanyaan besar bagi para Tutor, “Bisakah mengubah paradigma itu?”

Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang wajib didapatkan oleh semua pelajar, maka dari itu setiap pengajar (guru) harus menyuguhkan pembelajaran matematika di kelas dengan menarik, mudah, dan menyenangkan. Jumat (8/8) pagi, “Homeschooling Kak Seto” SD mengadakan acara Friday Class yang ke-3 mengenai praktek belajar matematika. Adapun bentuk kegiatannya seperti, (1) dibagi menjadi 6 ruangan (menggunakan kelas masing-masing), (2) pengajar adalah wali kelas masing-masing, (3) menggunakan metode pengajaran berbeda-beda. Dalam kegiatan Friday Class ini diikuti 34 siswa/siswi yang terdiri dari: kelas I empat anak, kelas II tiga anak, kelas III empat anak, kelas IV tujuh anak, kelas V sepuluh anak, dan kelas VI enam anak.

Praktek belajar matematika ini diadakan sebagai tambahan waktu untuk mengajarkan matematika dan menambah pemahaman siswa di materi yang kurang dipahami mereka. Selain itu, beberapa metode digunakan dalam kegiatan ini, seperti Math Magic, menghitung dengan melihat gambar, mengajar dengan face to face, menghapal, dan metode lama pun tetap digunakan yaitu dengan cara menjelaskan, memberikan soal latihan yang diiringi dengan permainan-permainan. Kegiatan ini membuat anak-anak merasa antusias dan semangat. Dengan demikian, sebenarnya pelajaran matematika itu bisa dikuasai dan menjadi salah satu mata pelajaran yang disukai anak-anak jika pengajar (Tutor) dapat menyampaikan dengan metode yang bervariasi hingga tidak terkesan monoton, sehingga pelajaran matematika menjadi pelajaran yang menarik. Hal inilah yang dilakukan “Homeschooling Kak Seto” khususnya tingkatan SD sebagai jawaban dari pertanyaan, “Menarikkah pelajaran matematika?”

Read 5004 times Last modified on Wednesday, 28 October 2015 08:07

1 comment

  • Comment Link yanti Wednesday, 18 November 2015 09:04 posted by yanti

    Dear HSKS,

    Mohon informasi kemungkinan pindah sekolah ditengah tahun ajaran..

Leave a comment

test

Newsletter

Daftarkan Email Anda untuk mendapatkan update informasi dan pengetahuan seputar pendidikan terbaik anak Anda.

Contact us

Jl. Taman Makam Bahagia ABRI No. 3A Parigi Lama, Pondok Aren, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Banten 15227.

  • Hot line: 021 745 1183, 0822 2220 4453

Connect with us

We're on Social Networks. Follow us & get in touch.
You are here: Home Recent Stories Menarikkah Pelajaran Matematika?